Tuesday, November 28, 2006

MEMANTAU PEMILU DI DESA IPILO KECAMATAN ATINGGOLA

Pada tanggal 26 - 27 Nopember 2006 Aku mendapatkan tugas untuk memantau pelaksanaan pemilihan langsung Gubernur Gorontalo 2006 - 2011 di Desa Ipilo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo. Desa tersebut tidak terletak di Jalan Trans Sulawesi tetapi belok kanan masuk kedalam kurang lebih 5 Km melewati 1 desa baru ketemu desa ini. Desa ini terletak diantara 2 gunung yang mengelilinginya, disebelah ujung gunung sudah berbatasan dengan kecamatan Limboto. Pencari rotan biasanya membawa rotannya ke Kecamatan Limboto melewati jalan pintas ini, demikian yang dituturkan Kepala BPD Desa Ipilo yang namanya tidak sempat saya tanyakan.

KesanKu terhadap desa ini, aman dan damai jauh dari keributan dan kebisingan seperti diperkotaan, cocok untuk tempat peristirahatan. Didesa ini terdapat lahan seluas 100 Ha yang ditanami Jagung juga terdapat lahan yang ditanami padi dan juga banyak pohon Kelapa. Jumlah penduduknya kurang lebih 1000 orang atau sebanyak 375 Kepala Keluarga (KK). Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah bertani. Didesa ini pada tahun 2002 mendapatkan bantuan Sapi sebanyak 50 ekor dari kegiatan PUTKATI kepada 25 KK dimana setiap KK mendapatkan 2 ekor. Ketika Aku menanyakan perkembangan jumlah sapi bantuan ini kepada Ibunda Kepala Desa Husna Badjuri, beliau tidak tahu pasti tetapi sapi tersebut jumlahnya saat ini sudah lebih banyak dari bantuan sebelumnya. Saat ini di desa Ipilo mendapatkan bantuan benih Jagung sebanyak 1365 Kg dari Dinas Pertanian tetapi benih tersebut masih di Balai Desa dan belum dibagikan ke Petani. Pembagiannya ke Petani akan dilakukan setelah pelaksanaan PILGUB.

Saat ini pada tahun 2006 ini di Desa Ipilo sedang dibangun jalan desa sepanjang kurang lebih 5 Km oleh CV. Yolanda dari anggaran APBD I Provinsi Gorontalo, tetapi pengerjaannya tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Pasir dan bebatuan yang ditimbun dijalan ini semestinya dipadatkan (ditindis) tetapi ini tidak dilakukan, 2 gugusan yang dibuat, yang satunya begitu digunakan rusak dan yang satunya lagi saat ini belum berfungsi. Mohon Pak ini agar diteruskan keatas untuk ditindaklanjuti agar diperbaiki demikian permintaan Ibunda kepadaKu.

Banyak permintaan Ibunda yang disampaikan kepadaKu untuk membangun desanya yang masih tertinggal dibandingkan dengan desa-desa lainnya di Kecamatan Atinggola dimana kegiatan yang dimintakan tersebut sangat dibutuhkan masyarakatnya. Oleh karena itu dimohonkan agar segera direalisasikan. Kegiatan tersebut antara lain :
1. Peningkatan jalan desa (pengaspalan) sepanjang kurang lebih 5 Km.
2. Pemasangan Listrik sepanjang +_ 5 Km
3. Pembangunan Kantor Desa
4. Pembangunan Polindes
5. Pembangunan rumah Layak Huni sebanyak 125 KK
6. Pembangunan PUSTU

Pelaksanaan Pemungutan suara di Desa ini berjalan aman dan lancar. Disekitar TPS 2 sudah dibangun warung-warung makan dadakan. Apabila setiap pemilih membelanjakan uangnya sebanyak Rp 5.000 maka uang yang beredar di TPS 2 sebanyak _+ Rp 2 Juta yang diperoleh pemilik warung-warung ini demikian yang disampaikan Kepala BPD. Jumlah pemilih di desa ini sebanyak 800 orang, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 722 Orang (90,25 %) sedangkan yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 78 Orang (9,75 %). Jumlah suara rusak 3 orang (0,41 %) dan jumlah suara yang sah 719 orang (99,59 %). Hasil akhir pemungutan suara di desa Ipilo untuk nomor 1 pasangan calon Gubernur Ir. H. Fadel Mohamad dan Ir. Gusnar Ismail, MM memperoleh sebanyak 679 suara (94,04 %). sedangkan nomor 2 pasangan Drs. H. Thamrin Djafar dan Drs. A.D. Khaly memperoleh sebanyak 29 suara (4,02 %) dan nomor 3 pasangan Ir. Bonny M.M. Ointu, MSc dan Ir. H. Hamid Kuna memperoleh suara sebanyak 11 suara (1,52 %)

No comments: