Friday, September 22, 2006


AKU

Aku lahir di Gorontalo tepatnya di Desa Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tanggal lahirku sama dengan tanggal terjadinya musibah Tsunami di Aceh yaitu pada tanggal 26 Desember 1965. Aku berdarah Indo begitu aku katakan pada orang yang baru mengenalku ketika dia bertanya Aku berasal dari mana ? 50 % darahku berasal dari Flores NTT karena Ayahku berasal dari sana dan 50 % lagi darahku berasal dari Gorontalo, karena Ibuku berasal dari Gorontalo.

Aku dalam kegiatan sehari-hari senang berolahraga seperti jalan dan lari pagi. 2 atau 3 kali dalam seminggu Aku jalan dan lari pagi sejauh _+ 3 Km berputar di jalan Desa tempat tinggalku. Waktu Aku remaja dulu Aku juga senang bermain catur. Pecatur di desaku Aku kalahkan, demikian juga dengan temanku saat Aku SMP, SMA, Perguruan Tinggi. E...Hampir lupa aku pernah menjadi Runner UP pada kejuaraan catur pada dies natalis Fakultas pertanian UNSRAT Manado tempat Aku menimba ilmu S1 dulu. Tetapi dalam usiaku yang mulai senja ini hobbyku bermain catur ini mulai tidak intensif seperti dulu lagi, hal ini disebabkan karena kesibukanku bergelut dengan pekerjaan juga karena waktuku tersita dengan urusan keluarga.

Selain olahraga catur aku juga senang berolahraga bulutangkis pada saat tidak ada kesibukan pada malam hari di lapangan bulutangkis mertuaku, Aku dan teman sekampungku rajin berlath dan bertanding bulutangkis. Kami sepakat membentuk klub bulutangkis yang diberi nama PB. Djarum Hulawa dan Aku didaulat menjadi ketuanya. Sudah beberapa kali kami mengadakan kejuaraan baik tingkat dusun, desa dan kecamatan. Klub kami lebih fokus pada pembinaan pada pebulutangkis usia dini, tetapi permasalahan yang kami hadapi adalah ketiadaan pelatih yang handal. Saat ini Aku juga termasuk dalam salah satu pengurus Pengcab PBSI Kabupaten Gorontalo.

Selain olahraga di atas Aku juga senang olah raga tenis meja. Aku kadangkala mewakili instansi tempat Aku bekerja apabila ada kejuaraan antar instansi. Di rumah Aku menyimpan betch apabila ada kesempatan untuk bermain pingpong ini pasti Aku tidak akan lewatkan, apalagi kalau ketemu lawan yang sepadan.

Olahraga lainnya yang Aku senangi adalah bola kaki. Pada saat Aku masih remaja dulu setiap sore hari di kampungku Aku bersama teman-teman sekampungku selalu memainkan si kulit bundar ini. Akibat hobbyku ini tanganku pernah terkilir dimana pada saat itu Aku sebagai striker sedang menggiring bola yang segera Aku akan tendang ke gawang lawan tetapi tiba-tiba lawanku menggaet kakiku dari belakang sehingga Aku terjatuh dan tanganku terkilir. Aku juga masih ingat Kami sering ke desa tetangga untuk bertanding dan beruji coba. Posisiku pada kesebelasanku kalau tidak sebagai striker, Aku biasanya bertindak sebagai stopper. Dari Hobbyku bermain bola ini, sampai dengan sekarang apabila Persigo bermain dikandang dalam kompetisi divisi I PSSI Aku pasti tidak akan melewatkan untuk menotonnya. Aku juga senang dan tidak pernah absen menonton pertandingan piala dunia bola kaki. Aku rela mengantuk, tengah malam bangun untuk menontonnya lewat siaran TV. Demikian juga dengan siaran langsung Liga Inggris, Italia, Spanyol. Jerman dan lain-lain Aku menikmatinya lewat siaran TV.

Disamping berolahraga Aku juga senang membaca. Buku, majalah dan apa saja setiap Aku mempunyai waktu luang Aku membacanya. Bahan bacaanku terutama yang berhubungan dengan latar belakang pendidikanku. Juga Aku senang membaca buku kesusteraan. Koran, setiap hari sebelum aku berangkat kerja sudah Aku baca. Kegemaranku membaca ini membuat Aku selalu menjadi bintang kelas pada saat Aku masih sekolah dulu.

Aku juga senang menulis. Sudah banyak tulisan artikelku dimuat di Harian Gorontalo. Sekarang tulisan artikel tersebut Aku masukkan dalam Website ku sehingga yang mengklik Web ku ini dapat membacanya. Masih ada beberapa tulisan artikelku yang belum Aku masukkan ke Webku karena filenya sampai dengan sekarang belum Aku temukan di komputer. Menyesal Aku tidak sempat memprint outnya pada saat artikel tersebut Aku buat.

Aku juga senang berkebun. Halaman rumahku Aku tanami dengan tanaman hias. Pot yang kutanami dengan bunga-bungaan selalu kusiram dan ku pupuk agar tumbuh dengan subur. Setiap ada waktu luang Aku membersihkan tanaman yang Aku tanam dari tumbuhan penggangu.. Di belakang halaman rumahku Aku juga memelihara Ayam buras. Telur dan Ayamnya kalau sudah banyak Aku jual ke pasar. Hasilnya lumayan sebagai tambahan uang belanjaan isteriku.

2 comments:

YOSEF P. KOTON said...

coba

erwin-sutomo said...

apa kabar pak, bingung mau manggil apa ? hehehe,
tentang pertanyaan bapak, pak Yosef ada alamat email ? nanti saya kirim jawabannya lewat email saja, kalo mau email saya di sutomo@stikom.edu

thanks,